1. Pengertian low angle dalam fotografi itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan low angle photography ?
  3. Apa arti kata low angle shot photography ?
  4. Apa itu low angle camera? Apa itu angle kamera dan fungsinya ?
  5. Macam macam angle kamera fotografi itu apa saja?

Pengertian Low Angle Dalam Fotografi


teknik foto low angle / teknik low angle – Sudut pengambilan gambar dalam fotografi ada bermacam-macam sekali jenisnya. Masing-masing sudut akan menonjolkan hal-hal tertentu dari objek yang di potret sehingga beda sudut pemotretan akan beda pula hasilnya. Salah satu teknik pengambilan gambar yang pastinya sudah akrab di telinga kita adalah pengambilan gambar low angle.

Angle bisa diartikan sebagai sudut pengambilan gambar. Sedangkan Low memiliki arti rendah. Pengertian low angle adalah bentuk cara pengambilan gambar pada sudut pandang yang rendah dengan posisi pemotret lebih rendah dari objek sehingga dengan teknik seperti itu seolah-olah objek akan nampak lebih tinggi atau besar dari aslinya

Bagaimana teknik pengambilan gambar low angle / teknik fotografi low angle?

Tidak sulit bagi pemula untuk menggunakan teknik low angle ini. Cara pengambilan gambar dengan teknik low angle ini juga mudah karena fotografer hanya perlu menempatkan kamera atau menempatkan diri dari sudut bawah objek yang dipotret. Biasanya ketika menggunakan teknik low angle ini seorang fotografer ingin menonjolkan bahwa objek yang dipotret itu memiliki kesan yang elegan, tangguh, megah, besar, berwibawa, dan agung.

Jika kamu suka memotret bangunan-bangunan bersejarah seperti fotografi arsitektur maka akan lebih menarik untuk memotretnya dengan sudut low angle ini sehingga membuat bangunan-bangunan kuno tersebut masih terlihat gagah dan megah. Selain bangunan, kamu juga bisa menerapkan sudut pengambilan low angle ini ketika memotret sekelompok orang sehingga seluruh orang dapat masuk ke dalam frame.

Agar lebih terlihat menarik kamu dapat menggunakan lensa wide sehingga semakin terlihat memukau. Biasanya sudut pengambilan gambar dengan low angle ini juga digunakan ketika mengabadikan seorang tokoh sebagai objeknya, sehingga hasilnya tokoh tersebut memiliki kesan yang berwibawa.

Namun tidak semua kondisi cocok untuk dipotret dalam teknik low angle, karena itu butuh latihan agar penggunaan teknik low angle ini terlihat pas dan proporsional. Namun tidak perlu ragu untuk mencoba sudut pandang ini ketika memotret sehingga nantinya kamu akan bisa menentukan sendiri penempatan sudut pandang kamera yang pas saat melakukan pemotretan. Dengan begitu hasil fotomu akan lebih menarik dengan sudut pandang yang tidak monoton.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian low angle dalam fotografi. Semoga kalian semakin memahami akan angle kamera dan fungsinya ya!