1. Pengertian gaya sentripetal dan sentrifugal itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan gaya sentripetal dan sentrifugal ?
  3. Apa itu gaya sentripetal dan sentrifugal ?
  4. Apa perbedaan gaya sentrifugal dan sentripetal?
  5. Apa contoh gaya sentripetal dan sentrifugal ?

Pengertian Gaya Sentripetal dan Sentrifugal Menurut Para Ahli


Arti gaya sentripetal dan sentrifugal adalah :

Pengertian gaya sentripetal adalah suatu gaya yang membuat sebuah benda yang bergerak melingkar bisa tetap mempertahankan keadaannya yang mana arahnya menuju pusat lintasan melingkar. Sedangkan pengertian gaya sentrifugal adalah gaya yang arahnya menjauhi titik pusat lingkaran. (Vani Sugiyono : 2010)


Dalam pelajaran Fisika, kita mengenal dua gaya yaitu gaya sentripetal dan gaya sentrifugal. Mari kita bahas satu persatu kedua gaya ini.

Pengertian Gaya Sentripetal dan Contohnya

Pengertian gaya sentripetal adalah gaya yang membuat benda bergerak melingkar. Gaya ini bukan menjelaskan tentang jenis gaya pada umumnya, namun hanya digunakan sebagai istilah untuk setiap fungsi benda yang bergerak melingkar. Contoh gaya sentripetal adalah bumi yang berputar pada porosnya. Macam-macam gaya sentripetal antara lain gaya gesekan, gaya gravitasi, dan jenis gaya lainnya.

Gaya sentripetal dapat kita amati dengan menggunakan kerangka acuan yang diam maupun bergerak yang kecepatannya konstan terhadap permukaan bumi. Hukum Newton dapat kita gunakan pada kasus ini. Namun bagaimana jika kecepatan tersebut tidak konstan terhadap permukaan bumi?  Hukum Newton tidak lagi berlaku, maka dibuatkah konsep khayal atau dengan kata lain disebut sebagai gaya Pseudo.

Rumus gaya sentripetal yang digunakan:

F­­­­s = mv2 / r        dimana: Fs = sentripetal kekuatan

                                      m = massa

                                      v = kecepatan

                                      r = jari-jari lintasan gerak

Rumus percepatan sentripetal:

as = v2 / r

Pengertian Gaya Sentrifugal dan Contohnya

Pengertian gaya sentrifugal adalah kebalikan dari gaya sentripetal, dimana adanya efek semu yang terjadi ketika sebuah benda bergerak menjauhkan diri dari titip pusat. Gaya sentrifugal muncul untuk menyeimbangi gaya sentripetal, dimana gaya sentrifugal bergerak menjauhi titik pusat namun gaya sentripetal melakukan hal sebaliknya yaitu mendekati titik pusat.

Contoh gaya sentrifugal dalam kehidupan sehari-hari:

  1. Seseorang yang berada dalam bola yang sedang berputar. Ketika bola berputal, maka orang yang ada didalamnya akan merasa terpental dan serasa ditarik ke luar benda padahal sama sekali tidak ada gaya yang bekerja disana.
  2. Lift yang bergerak dijadikan kerangka acuan. Sewaktu kita menaiki lift, berat badan kita seakan-akan bertambah dan kita seperti ditarik kebawah lift tersebut, padahal tidak terjadi demikian.

Perbedaan gaya sentripetal dan sentrifugal

Apa bedanya gaya sentrifugal dan sentripetal? Perbedaan gaya sentripetal dan gaya sentrifugal tersebut terletak pada kerangka acuannya. Dimana pada gaya sentripetal benda bergerak mendekati kerangka acuan (inersial), dan pada gaya sentrifugal benda bergerak menjauhi titik acuan (non-inersial). Maka dari itu, gaya sentrifugal tidak pernah ada dan dipakai karena akan melanggar Hukum Newton. Kalaupun ada, akan terdapat gaya total yang digunakan untuk mengetahui apa penyebab dari benda tersebut terus bergerak pada garis lurus.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian gaya sentripetal dan sentrifugal beserta contohnya. Semoga kalian bisa menjelaskan perbedaan gaya sentrifugal dan sentripetal secara umum ya ! Baca juga pengertian formasi pegawai 🙂