1. Pengertian point of interest dalam fotografi itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan point of interest ?
  3. Apa arti kata point of interest ? Apa itu point of interest ?

Pengertian Point Of Interest Dalam Fotografi


Apa arti point of interest ?

Pengertian point of interest dalam fotografi adalah fokus atau titik utama dalam sebuah foto dimana titik tersebut yang menjadi inti cerita dari foto yang dibidik. Biasanya ketika kita melihat sebuah foto maka akan ada satu titik yang membuat kita langsung tertarik dan mata kita langsung tertuju ke arah tersebut. Itulah yang dinamakan sebagai point of interest.

Bagaimana sih contoh POI dalam fotografi yang baik itu?

Point of interest atau POI menjadi daya tarik yang kuat dalam sebuah foto. Melalui POI sesorang yang melihat sebuah foto mampu memahami makna foto secara kesulurahan dalam sekali lihat. Foto yang memiliki POI yang kuat bisa lebih memudahkan orang yang melihatnya dalam memahami pesan yang disampaikan dalam sebuah foto tersebut.

Point of interest biasanya banyak dimasukkan ketika seseorang mengabadikan aktivitas manusia. Dengan menambahkan point of interest ketika mengabadikan sebuah momen maka cerita dibalik foto yang kamu abadikan semakin kuat.

Tips untuk menghasilkan sebuah foto yang memiliki Point of Interest, ketika kamu menemukan kerumunan orang yang beraktivitas misalnya kamu melihat kerumunan anak muda yang sibuk dengan gadgetnya, kemudian diantara kerumunan tersebut ada seorang anak muda yang tidak sibuk dengan gadgetnya namun dia sedang membaca sebuah buku maka kamu bisa mengabadikan momen menarik tersebut. Anak muda yang sedang membaca buku tersebut dapat menjadi Point of Interest yang menjadikan fotomu lebih menarik dan memiliki cerita yang kuat. Cara tersebut dapat kamu gunakan untuk mengabadikan momen lainnya. Jika kamu mengambil point of interest dari aktivitas manusia maka yang paling penting adalah kecepatan. Ketika kamu menemukan hal menarik pada saat orang-orang melakukan aktivitas maka kamu harus cepat-cepat menekan tombol rana agar tidak kehilangan momen menarik yang ingin diabadikan.

Tak hanya aktivitas manusia saja yang harus memiliki point of interest. Jika kamu suka memotret pemandangan maka foto pemandangan yang kamu abadikan dapat terlihat semakin menarik dengan menambahkan objek yang bisa menjadi point of interest. Misalnya ketika kamu ingin memotret keindahan sunset di pantai, maka jika kamu tidak menambahkan objek apapun dalam fotomu maka akan terasa biasa saja seperti ribuan foto lainnya yang juga mengabadikan foto sunset di tempat yang sama.

Cari objek yang bisa mengisi frame dan menjadi point of interest. Jika dipantai tersebut terdapat anak kecil yang sedang berlarian maka itu bisa dijadikan point of interest untuk mengambil foto pemandangan sunset pantai yang lebih menarik dan memiliki kedalaman cerita, apalagi dijadikan siluet sepertinya akan lebih keren. Jadi selalu tambahkan point of interest kedalam fotomu dan jangan lupa untuk menerapkan rule of third agar fotomu memiliki keseimbangan.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian point of interest dalam fotografi. Semoga bermanfaat!